Tips

3 Tips Ngiklan Biar Gak Nyesel

Apa yang pertama kali Anda dengar tentang iklan?

“Promo janji-janji manis?”
“Mahal?”
“Banyak bohongnya?”

Banyak cara untuk ngiklan, dari yang premium sampai freemium (gratisan). Bedanya yang premium sama gratisan? Anda akan tahu jika sudah mencoba keduanya.

Broadcast di WA, posting di IG atau FB, sebar brosur, menempelkan poster di tiang listrik, itu juga ngiklan. Ngiklan gak harus produk kita muncul di TV. Kecuali memang ada budgetnya.

Ngasih produk kita ke publik figur untuk direview juga ngiklan. *Kalau dianya mau sukarela mereview produk kita. Ini yang zaman now biasa disebut endorse.

Sejak instagram menjadi media sosial paling kekinian, muncul profesi baru seperti selebgram, influencer, atau endorser. Dari mulai artis papan atas yangpunya follower jutaan, sampai anak kemarin sore yang baru punya ribuan followers pun sudah bisa mengklaim dirinya influencer dan buka jasa endorsement.

Inilah Indonesia, negeri penuh kemudahan dan para rakyatnya cerdas memanfaatkan moment dan peluang.

Ngomong-ngomong soal ngiklan endorse tadi, selama di Motivaksi Isnpira hampir semua produk yang kita launching juga ngiklan. Dari yang gratisan, murahan, sampai mahalan.

FYI semua kontak manajemen artis sudah kami buatkan list. Biar pas ada produk baru, kita bisa memilih mana yang sesuai dengan brand kita.

Ngiklan kayak endorse gitu memang berapa? Ya tergantung. Terganutung tujuan kita apa dan paling penting kita punya budget berapa.

Harus detail dan jelas perhitungannya. Jangan sampai duit dibakar buat ngiklan, tapi omzet melayang.

Pernah ngiklan 3 juta dibakar satu hari, tapi tak satu pun penjualan yang closing. ๐Ÿ˜€ Nyesek? Iya, tapi mau gimana lagi. Namanya juga bisnis.

Terus ngabisin 8 juta buat ngiklan ngapain? Ya buat promo. Kalau omzet yaang didapatkan nanti 5-10 kali lipat dari biaya iklan, why not? Kami sering lakukan seperti itu.

FYI lagi, untuk endorse termahal di kisaran 30 jutaan sampai 150 jutaan untuk ukuran Rafi Ahmad atau Syahrini. Tapi belum kami gunakan. Pertama karena budgetnya gak sampai disana, kedua karena market kita berbeda.

Terus kita kudu ngemodal dong buat ngiklan? Ya. Kalau mau dapat lebih harus ngemodal.

Tapi biar gak nyesek, pastikan 3 tips ngiklan ini diperhatikan:

  • Sesuaikan budget dan kebutuhan
    Jangan sampai termakan gengsi, produk kita diiklankan artis ternama, tapi budget pas-pasan, target omzet melayang. Jawab dulu tujuan kita ngiklan apa. Mau mendatangkan trafik? Menambah database? Mempromosikan produk? Hard selling?
  • Memilih endorser sesuai market kita
    Kalau kita punya produk marketnya laki-laki dewasa, mungkin bisa pakai jasanya Dewi Perssik, Dinar Candy, Atau model2 sexy ๐Ÿ˜€ Itu yang biasa dipakai oleh produk lelaki dewasa. Why? Ya karena para lelaki dewasa tadi sering stalking akun-akun tadi.

Jangan sampai produknya hijab, tapi memakai endorse roro fitria, misalnya. Meskipun sah saja, tapi pastikan apakah endorser tadi mewakili target market kita atau tidak? Kalau targetnya wanita pekerja, ya pilihlah yang sesaui. Biar hasilnya pas.

  • Jangan lupa sedekah
    Ini penting. Godaan terbesar ketika punya duit gede adalah berat bersedekah. Mengapa? Misal ketika punya uang 1 juta, sedekah 10 rb, 100 rb itu masih terasa enteng.
    Begitu dapat 50, 150, ratusan juta, sedekah 1 juta, 2 juta masih terasa enteng. Tapi ketika menginjak angka belasan juta, terasa mulai seperti beban.

Bagaimanapun harta itu titipan. Ada hak orang lain yang membutuhkan.

BTW tahun 2019 in sya Allah Motivaksi Inspira akan membuka program

  1. Beasiswa pendidikan
    Berupa uang saku dan perlengkapan sekolah. Syarat:
  • Anak Yatim
  • Usia SD/SMP/SMA (sederajat)
  • Berakhlak baik
  • Tidak merokok

2 Hibah Modal Usaha untuk UMKM
Syarat:

  • Amanah
  • Tidak Merokok
  • Melaporkan keuangan penjualan setiap bulan
  • Dapat mentoring & coaching bisnis dari Motivaksi Inspira
  • Hibah dari 2.5 – 5 jt (Bukan pinjaman)

Jika teman-teman disini nanti menemukan ada seseorang dengan kriteria tadi, bisa diinformasikan pada kami untuk program berbagi kebaikan ini.

Itulah 3 tips ngiklan biar gak nyesel.

Untuk dapat tips seputar bisnis, motivasi, dan leadership bisa follow IG @motivaksiinspira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: