Buku

RESIGN MALU TAK RESIGN PILU

 

Setelah lulus dari level pendidikan yang telah ditempuh selama bertahun-tahun, salah satu momen bahagia dalam hidup seseorang adalah ketika mendapatkan pekerjaan pertama. Bertahun-tahun menjalani pekerjaan demi bisa mencukupi hidup, ada yang selalu semangat seperti awal-awal bekerja, namun tidak sedikit yang semangatnya menurun bahkan hilang. Faktor yang sering menjadi alasan semangatnya menurun dikarenakan ketidaknyamanan dalam bekerja atau permasalahan kesejahteraan.

 

Kenyamanan dalam bekerja dan permasalahan kesejahteraan dapat mempengaruhi produktivitas dalam bekerja. Situasi yang tidak nyaman dalam bekerja dapat menjadi penyebab seseorang memutuskan untuk resign  atau berhenti bekerja. Resign atau berhenti kerja adalah hal yang jamak terjadi dalam dunia kerja. Namun hal ini dapat menjadi dilema antara bertahan atau resignketika belum mempunyai gambaran pekerjaan baru setelah resign. Terkadang juga adanya kekhawatiran pekerjaan yang baru tidak sesuai dengan harapan. Hal ini dibutuhkan keberanian dalam mengambil keputusan, selalu ada hal yang harus dikorbankan dalam setiap keputusan.

 

Buku Resign Malu Tak Resign Pilu membantu bagi para pekerja yang sedang mengalami dilema antara bertahan atau resign dari pekerjaan. Dalam buku ini ada tiga bagian yang dibahas yaitu (1) Ketika Fresh Graduate Mencari Kerja, (2) Masa Kantoran dan (3) Antara Resign Vs Bertahan.

 

Bagi lulusan fresh graduate sebaiknya jangan memfokuskan pada gaji yang tinggi ketika mencari pekerjaan, karena pengalaman dan skill yang baik sangat diperlukan untuk pengembangan diri. “Jadilah pribadi yang pantas digaji tinggi, caranya miliki dan asalah kompetensi yang dimiliki “ (hal : 28). Buku ini juga recomended dibaca bagi para pencari kerja yang fresh graduate, karena ada beberapa tips untuk mencari pekerjaan atau pilihan berbagai bidang pekerjaan yang dapat dijadikan pilihan bagi lulusan fresh graduate.

 

Pada bagian buku yang berjudul Masa Kantoran, penulis memberikan saran dan motivasi bagi para pekerja agar dapat menjadi pekerja yang sukses dan berprestasi.

 

Setiap orang menginginkan hidup sukses, demikian juga para pegawai menginginkan posisi dan jabatan yang tinggi dalam lingkungan pekerjaannya. “ Sukses itu bukan soal posisi,tetapi soal bagaimana kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain dan soal bagaimana memberikan banyak manfaat bagi orang lain” (hal : 99). Jadi ketika sudah bekerja, jadilah pribadi yang profesional.

 

Untuk menjadi orang yang sukses, diperlukan kerja keras, tekun dan fokus dalam bekerja seperti yang disampaikan penulis“ Jika ingin diperlakukan istimewa, jadilah yang spesial “ (hal : 95). Menjadi orang yang istimewa adalah impian banyak orang, namun hanya mereka yang yakin, fokus dan tekunlah yang pada akhirnya menyandang predikat istimewa. Penulis juga memberikan solusi menghadapi permasalahan di lingkungan kerja seperti cara menghadapi rekan kerja dengan sifat yang tidak baik seperti pemalas, penjilat, suka mengadu domba dan sebagainya.

 

Pada bagian akhir buku ini penulis memberikan berbagai pertimbangan ketika pegawai mengalami dilema antara bertahan atau berhenti dari pekerjaan.

 

“Cintai apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dicintai, maka itu sudah cukup menjadi alasan untuk bertahan “ (hal : 153).

 

Seringkali pekerjaan yang kita lakukan saat ini belum kita cintai, tapi dari pekerjaan inilah kita dihidupi. Pekerjaan akan menyenangkan kalau pekerjaan tersebut adalah passion kita. Passion adalah sesuatu yang dalam mengerjakannya kita tidak pernah merasa bosan, dibayar atau tidak, kita akan tetap mengerjakan. Namun tidak semua dari kita bekerja sesuai passion nya, maka ada dua pilihan resign atau berusaha mencintai pekerjaan kita. Apabila memutuskan resign, harus sudah mempersiapkan secara mental maupun materi, setelah dirasa cukup persiapannya, maka resign dapat dilakukan dengan tenang. Pilihan kedua adalah berusaha mencintai pekerjaan kita, meskipun tidak mudah dilakukan, namun dapat diusahakan. Posisi sebagai sang pencari nafkah keluarga dapat menjadi pertimbangan untuk berusaha mencintai pekerjaan kita.

 

Pada saat mengalami dilema antara bertahan atau berhenti bekerja penulis mengingatkan kembali  alasan apa kita melakukan pekerjaan ini.

 

“Ketika terpikir kata untuk menyerah. Pikirkan kembali untuk apa kita memulai” (hal : 194)

 

 

TESTIMONI

“Buku Resign Malu, Tak Resign Pilu akan menjadi sebuah jawaban dari kegalauan Anda yang sedang berada diantara dua pilihan, tetap berjuang dalam pekerjaan yang sedang dijalani, atau banting setir mencari jalan lain yang lebih menjanjikan. Mas Fazar Firmansyah mampu menulis buku ini dengan sebuah kalimat yang mengalir indah dan menjadi jawaban demi jawaban dari pertanyaan dalam mencari kehidupan yang lebih baik.”
Edvan M. Kautsar
Motivator Muda No. 1 Indonesia

 

“Resign then Design. Your Life, Your Choice, Your Journey”
Sandi Gusmawansyah
Professional Trainer

 

“Akan selalu tebersit pemikiran resign, saat pekerjaan menghadapi suatu rintangan besar hingga mengalami titik terendah. Dan manusia akan selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit, termasuk pekerjaan, antara resign atau bertahan.

Buku ini mengulas sisi-sisi yang kadang tak dapat kita bicarakan dengan kolega, tak mampu kita obrolkan dengan keluarga. Tentang hakikat pekerjaan, tentang pilihan-pilihan dalam kehidupan. Buku yang sangat layak dibaca kala bekerja terasa lelah hingga dihadapkan dengan pilihan yang tak mudah. Buku yang membantu kita untuk mencari kembali motivasi dan tujuan apa yang kita cari.”
Dini Nuzulia Rahmah
Karyawati & Penulis 25 buku antologi

 

Buku yang Luar Biasaaaa.. Buku ini wajib dibaca buatmu yang masih Galau Untuk Resign dan bingung memulai usaha. Insya Allah Mencerahkan. Sukses buat Semua.
Hendy Setiono
Founder and Group CEO Baba Rafi Enterprise

 

“Ternyata urusan resign tak resign ini punya efek panjang bagi yang bersangkutan. Salah menyikapinya atau salah memutuskannya, bisa berakibat fatal. Makanya baca buku ini dulu sebelum berpikir atau melakukan apa-apa terkait resign. Jangan galau berkepanjangan ya,”
Indrawan Nugroho
CEO Corporate Innovation Asia
Co-founder Kubik Leadership Group

 

Resign Malu, Tak Resign Pilu.
Tulisan-tulisan yang tidak sekedar menyentil, mampu membangkitkan emosi, membuat kepala berfikir keras… Untuk apa, kenapa dan bagaimana menyikapi sesuatu dan memulainya…
Must read this book, if you still have the questions 🙂
NuningWidowati S.Ikom, CFP
Parenting Practitioner, Financial Educator for Kids,
Author of 3 Tabungan Cerdas Anak, Kupu-kupu Cantik

 

Review by jendeladuniaku2015.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: