Motivasi,  Perspektif

KARENA SUKSES BUTUH PERSIAPAN DAN KESIAPAN

Masih ada yang suka mandi siang kalau hari libur?
.
Saya jadi teringat ketika masih zaman bersekolah. Khususnya ketika berseragam putih abu.
.
Setiap hari libur, entah libur nasional atau libur semester, biasanya kita gunakan untuk waktu bermalas-malasan. Seperti memanjangkan waktu tidur, sampai menunda mandi pagi.
.
“Ngapain juga harus bangun pagi dan mandi pagi. Toh lagi libur dan gak masuk sekolah”.
.
Saat itu, Saya membenarkan pemikiran tadi. Tapi berubah ketika nenek merombak pemikiran tadi.
.
Beliau menasihati kalau libur bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan. Apalagi sampai harus mandi siang. Memang ini kebiasan kecil, tapi bisa berdampak besar suatu hari nanti.
.
Menurutnya, hari libur atau hari biasa, tetap saja kita harus bangun pagi dan mandi pagi. Sebab siapa tahu ada yang ngajak kita pergi, dan kita sudah siap, tinggal pergi.
.
Lain hal jika ada ajakan pergi atau peluang usaha misalnya, tapi kita masih berselimut, muka penuh kekusutan, dan aroma tubuh penuh dengan iler. Mana ada yang mau mengajak pergi. Dan mereka yang mengajak pun gak semuanya mau menunggu kita untuk mandi dan berias dulu.
.
Kebayang kalau yang datang tadi mengajak peluang usaha. Bisa hilang tuh peluang hanya karena kemalasan. Ada benarnya juga lagu “bangun tidur ku terus mandi”.
.
Maka jika ada dari kita yang ingin meraih kesuksesannya, hal terpenting adalah memantaskan diri. Sebab sukses butuh persiapan, juga kesiapan.
.
Kita tidak pernah tahu, usaha yang keberapa yang akan mendatangkan kesuksesan. Sebab hidup itu ibarat membuat huruf i. Tugas kita hanya membuat garis I sebanyak-banyaknya. Biarkan Allah yang memberikan titik di atas garis tadi.
.
“Kita mungkin tidak akan tahu kapan kita sukses. Tapi satu hal yang harus diyakini, kita pasti sukses!”.
.
Jangan abaikan kebiasaan baik yang terlihat kecil. Bisa jadi itu yang berdampak besar pada kesuksesan kita nanti. Contohnya bangun dan mandi pagi.
.
Siapa yang menyangka, kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil, mampu menghasilkan angin tornado di Texas beberapa bulan kemudian.
.
Jadi, masih suka bangun siang dan menunda mandi di hari libur? ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: