Perspektif

2 JALAN MEMBANGUN PERSONAL BRANDING DI ZAMAN NOW

Pertama, lewat kompetensi. Misal Anda punya kemampuan menulis, copywriting, public speaking, coaching, internet marketing, dan keahlian spesifik lainnya.
.
Ketika sudah tahu apa potensi Anda, asah dan cari gurunya. Semakin sering terlatih, semakin Anda diperhitungkan.
.
Kedua, lewat polesan popularitas. Inilah yang marak terjadi saat ini. Zaman now, siapapun Anda, selama punya banyak followers, maka predikat selebgram bisa disematkan.
.
Bahkan ketika predikat tadi ditetapkan,  Anda bisa langsung buka jasa endorse. Atau mereka sendiri yang akan berdatangan.
.
Tapi sayangnya banyak yang keliru dalam memanfaatkan situasi ini. Demi mendulang popularitas, kadang ada yang rela menurunkan harga diri.
.
Seperti ada wanita yang tampil penuh sensual, biar bisa cepat meraih popularitas. Sayang banget ya, digratisin. Secara semua orang jadi bisa lihat gretong.
.
Atau dengan melakukan joget-joget, goyang-goyang, jingkrak-jingkrak, dan aksi recehan lainnya.
.
Kadang miris kalau lihat indikator sukses di dunia maya saat ini. Mereka yang followersnya banyak, seakan diklaim paling sukses, tak peduli prestasinya apa dan karyanya apa.
.
Tapi begitulah faktanya. Justru yang begitu yang makin populer sekarang. Sementara yang karyanya bagus malah tak setenar mereka.
.
Semuanya balik lagi ke niat. Kalau niat kita berkarya untuk meraih popularitas, maka ketika karya kita kurang atau tidak mendapat apresiasi, maka kita akan berhenti berkarya.
.
Kembali lagi ke pilihan Anda. Anda mau dikenal karena kompetensi atau popularitas lewat pencitraan palsu?
.
Jadi teringat saran seorang guru. Beliau menyarankan untuk berguru pada mereka yang berilmu (punya kompetensi). Bukan pada mereka yang populer.
.
Sebab yang berilmu belum tentu populer. Dan sebaliknya yang populer pun belum tentu berilmu.
.
BTW mau pilih jalan mana?
“Jangan khawatir ketika Anda diacuhkan, tapi berjuanglah jadi layak untuk dikenal”. -Abraham Lincoln

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: