Lomba

5 Hal Yang Bisa Membuatmu #JadiBaik di Bulan Baik. Karena Berbuat Baik, Gak Harus Nunggu Sempurna.

 

Menjadi orang baik memang sulit, tetapi lebih baik menjadi orang baik meskipun itu sulit

 

 

Alhamdulillah, kita kembali dipertemukan dengan ramadhan, bulan yang suci dan spesial. Suci karena penuh rahmat, berkah, dan ampunan. Spesial karena hanya datang sekali dalam setahun. Belum lagi setiap amal kebaikan di bulan ini, akan dilipat gandakan pahalanya. Beberapa ciri keberkahan ramadhan dibanding bulan lainnya adalah:

  • Ketika ada orang yang tidak berpuasa dihadapan kita, kita tidak mudah tergoda. Berbeda jika berpuasa di bulan lain, kita mudah tergoda ketika ada orang yang sedang makan di hadapan kita.
  • Kuat puasa meskipun lupa sahur. Tapi bukan berarti kita merasa bangga karena kuat menjalani puasa tanpa makan sahur. Keliru! Sebab dalam sahur ada keberkahan, jadi sayang saja kalau dilewatkan begitu saja.
  • Satu lagi ciri ramadhan penuh berkah, minum air putih dan tiga butir kurma saja sudah cukup mengenyangkan. Padahal ketika ngabuburit, kita seringkai kalap dan lapar mata melihat takjil berbaris rapi. Seakan kita ingin memborong semuanya.

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau berbuat baik di bulan ramadhan akan mendapat ganjaran berlipat karena pahala pada diobral. Dan gak akan pernah rugi untuk #JadiBaik dan berbuat baik. Kalau kita masih merasa belum pantas berbuat baik karena belum kaya, belum sukses, dan belum sempurna, kapan mulainya?

Memang sih, masih ada beberapa orang yang berucap:

“Saya akan sedekah kalau sudah kaya”,

“Saya akan menyumbang dana untuk masjid kalau gaji sudah double digit”,

“Saya akan #JadiBaik esok hari”. Dan keesokan harinya episode hidupnya berakhir (baca: mati)

Sebagai dalih untuk menunda berbuat baik. Pertanyaannya, apakah untuk #JadiBaik dan berbuat baik harus menunggu kaya nan sempurna? Kesempatan untuk #JadiBaik dan berbuat baik, akan selalu ada. Tinggal kita mau mengambilnya atau tidak.

 

Berbicara #JadiBaik, saya jadi teringat tentang Hukum Kekekalan Energi (HKE). Dalam ilmu fisika, hukum kekekalan energi menyatakan bahwa “Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi yang lain.” Hukum Kekekalan Energi (HKE) ternyata berlaku juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika kita berbuat baik, maka kebaikan tadi akan kembali pada kita. Kalau pun belum, kebaikannya akan berubah bentuk ke bentuk yang lain.

Misal kita bersedekah kepada kaum duafa dan anak yatim. Maka harta yang kita sedekahkan akan kembali lagi pada kita, sebagai balasannya. Kalau pun ternyata kita sudah sedekah harta yang banyak, tapi balasannya belum juga di dapat. Woles saja bro. Bisa jadi balasannya berubah bentuk menjadi kesehatan, kebahagiaan, keharmonisan keluarga, ketenangan hidup, dan kebaikan lainnya.

 

#JadiBaik harus dimulai dari diri sendiri, dari yang termudah, sekarang, tanpa tapi, tanpa nanti. Nah, biar ramadhanmu lebih bermakna, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu #JadiBaik di Bulan Baik. Karena berbuat baik, gak harus nunggu sempurna.

 

1.  Shalat 5 waktu berjamaah di masjid

Terlihat berat memang. Tapi tak seberat rindunya Dilan. Jika di bulan biasa saja, shalat berjamaat diganjar 27x lipat pahalanya, maka di bulan ramadhan dikalikan 1.000 kali lipat. Itu baru satu shalat. Kalau 5 waktu berjamaah terus, tinggal dikalikan saja 1.000.

 

 

2. Membaca Al-Quran

 

Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185)

Membaca satu huruf saja akan mendapat 10 kebaikan, bagaimana jika membaca satu halaman penuh?

 

3. Upgrade ilmu agama dengan mendengarkan tausiah

Bagi anak 90an pasti pernah merasakan moment ini. Moment menunggu tanda tangan ustadz setelah selesai taraweh dan memberikan tausiah. Zaman now, mendengarkan tausiah bisa dimana saja dan kapan saja. Salah satunya via Vallen youtube. Gak punya kuota? Bisa beli lewat TCASH Bingung gimana pakainya? Begini Cara Pakai TCASH.

 

4. Perbanyak ibadah sunah, ketika yang wajib sering ditunda-tunda

 

Daripada melakukan hal unfaedah (baca: tidak bermanfaat) lebih baik perbanyak ibadah sunah di bulan ramadhan. Seperti shalat tarawih berjamaah, itikaf, atau ibadah sunah lainnya. Meskipun tarawih sunah, tapi sayang jika ditinggalkan. Sebab sunah itu adalah ibadah yang jika dikejakan akan mendapat pahala, dan jika tidak dikerjakan maka akan merugi. Salah satu keutamaan bulan Ramadhan yang tidak kita dapati pada bulan yang lain adalah  salat tarawih dengan pahala yang berlimpah. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda,

5. Perbanyak sedekah biar hidup makin berkah

 

Sedekah di bulan ramadhan, pahalanya berlipat-lipat. Meski sedekah tak harus berupa rupiah, dengan bersedekah tidak akan membuat kita miskin kok. Justru sedekah bisa membuat hidup semakin berkah. Jika biasanya kita bersedekah dengan memberikan uang langsung kepada para kaum duafa atau memasukan uang ke dalam kencleng di masjid, zaman now kita bisa sedekah atau donasi digital lewat TCASH 

 

Lewat aplikasi TWALLET kamu bisa bersedekah, kirim donasi, bagi-bagi THR, sampai kirim pulsa dan paket data pada fakir kuota mereka yang membutuhkan. Seperti yang saya lakukan minggu lalu. Sebagai anak kost yang jauh dari perantauan, adik saya mulai kehabisan uang saku karena habis dipakai service smartphone-nya. Dasar anak zaman now, yang lebih baik kehabisan uang jajan dibanding kehabisan kuota, mulailah mendadak menghubungi saya untuk meminta sebongkah berlian pulsa dan paket data. Karena iba dan demi keberlangsungan hidupnya, saya kabulkan pintanya lewat TCASH. Bukannya berkurang, saldo TCASH malah bertambah ketika mengisikan pulsa untuknya. Hal ini karena adanya bonus cashback 30% setiap isi pulsa di aplikasi Twallet. Tak sampai disitu, bonus cashbacknya bisa digunakan untuk beli atau kirim paket data. Sounds good! Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. FYI isi pulsa lewat TCASH harga nominal lho! Buat kamu yang lokasinya jauh dari konter pulsa, ATM, atau tempat isi lainnya seperti di Wakanda sana, #pakeTCASH bisa jadi solusinya. Dimanapun kapan pun tak perlu khawatir tidak bisa isi pulsa dan paket data, asalkan saldonya ada. Habis saldo TCASH? Bisa isi lewat ATM atau bank, gratis tanpa biaya admin.  Promo sampai Septemer 2018.

 

 

Setidaknya itu bisa membantu dia bertahan sampai uang bulanan di transfer kembali. Dan dia pun bisa kembali melanjutkan tugas kuliahnya. Berbuat baik bisa lewat cara apa saja, so simple like that!  Ketika kita membantu memudahkan urusan orang lain, itu sudah termasuk berbuat kebaikan. Dan tentunya #JadiBaik tak harus menunggu sempurna dulu kan?

 

Itulah 5 hal yang bisa membuatmu #JadiBaik di bulan baik, karena untuk berbuat baik gak harus nunggu sempurna. Seperti zaman now yang segalanya sudah sangat serba mudah dan cepat. Mau sedekah tapi bingung kemana? Bisa lewat TCASH.

Kamu bisa cek Merchant TCASH kalau masih bingung TCASH bisa digunakan apa saja dan dimana saja.

 

So, tidak ada alasan untuk tidak #JadiBaik di bulan baik ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: