Motivasi,  Perspektif

4 Tipe Karyawan Yang Biasa Ditemui di Kantor. Nomor 2 dan 4 Siap-siap Dipecat!

 

Dalam sebuah organisasi, kita akan dipertemukan dengan orang-orang yang berbeda latar belakang pendidikannya, pola asuhnya, kebiasaannya, dan karakternya. Sangat jarang ditemui, dalam sebuah organisasi terdapat orang-orang yang hampir semuanya memiliki kesamaan karakter, kebiasaan, pola asuh, dan latar belakang pendidikan.

 

Tapi disanalah letak keunikan dan seninya. Berkumpul dalam sebuah wadah yang dinamakan organisasi, untuk meraih tujuan bersama. Disana pula kita belajar saling memahami dalam keberagaman. Meski kadang ada pihak-pihak yang hanya ingin dipahami tanpa mau mencoba memahami.

 

Ketika kita mulai bekerja pertama kali, hal pertama yang perlu dilakukan adalah beradaptasi dengan lingkungan kerja. Termasuk mempelajari karakter rekan-rekan kerja nanti. Memang tidak semuanya dari mereka menyenangkan menurut kita. Dan inilah 4 tipe karyawan yang biasa ditemui di kantor. Hati-hati, nomor 2 dan 4 dipecat!

 

Pertama, perilaku dan produktivitasnya baik.

Karyawan tipe ini jelas menjadi aset perusahaan. Secara perilaku, mereka punya aura positif, sportif, dan mau jadi pembelajar. Diluar itu, produktivitasnya juga baik. Tak heran kalau mereka akan jadi anak emas si bos.

 

Kedua, perilaku buruk, produktivitas baik.

Soal produktivitas, mereka tak perlu diragukan lagi. Tapi perilakunya itu yang seringkali membuat rekan kerja lain “mengelus dada”. Cepat atau lambat, karyawan tipe kedua ini akan dipecat. Bukan karena HRD yang meminta, tapi karena perilakunya sendiri yang menggiringnya keluar.

 

Ketiga, perilaku baik, produktivitas buruk.

Secara perilaku, mereka baik dan tidak pernah merugikan perusahaan. Tapi produktivitasnya masih rendah (buruk). Setidaknya para atasan bisa memeberikan motiasi dan pelatihan pada mereka, agar mampu mendongkrak produktivitasnya.

 

Keempat, perilaku dan produktivitas buruk.

Kok bisa ya mereka diterima kerja? Yang salah HRD-nya atau memang dia lagi beruntung? Entahlah. Yang pasti, tipe terakhir ini yang akan cepat dipecat karena bisa merugikan perusahaan dalam waktu dekat.

 

Nah, sudahkah kita menemukan 4 tipe karyawan tadi? BTW kita ada termasuk tipe yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: