Motivasi,  Perspektif

Kebiasaan Menentukan Perilaku

 

 

Setujukah Anda jika kebiasaan bisa menentukan perilaku seseorang?

 

Misal, seseorang yang punya kebiasaan membaca, olahraga, atau menulis setiap hari, perilaku mereka akan berdampak positif bagi kehidupanya. Dibanding mereka yang jarang membaca, menulis, atau malah berolahraga. Memang, melakukan kebiasaan baik itu berat. Tapi kita harus kuat.

 

Survey menunjukkan, mereka yang memiliki kebiasaan baik, lebih kuat dalam menghadapi berbagai ujian (pantang menyerah). Sementara mereka yang jarang melakukan kebiasaan baik, akan mudah binasa.

 

Satu-satunya musuh saat melakukan kebiasaan baik adalah rasa malas. Lalu bagaimana caranya untuk bisa memiliki atau paling tidak, membangun kebiasaan baik? Yang paling mudah dan simpel, lakukanlah kebiasaan baik dari hal terkecil, slowly but sure. Konsisten adalah koentji.

 

Contoh nyatanya, jika tidak kuat membaca dan menulis setiap hari, mulailah berolahraga minimal 30 menit sehari. Lakukan konsisten 4 kali dalam seminggu. Tak perlu datang ke tempat gym. Jalan kaki selama 30 menit, push up/ sit up sekuatnya, sudah cukup untuk menggerakan tubuh dan mengusir kemalasan. Jika cara ini sudah biasa dilakukan, kebiasaan baik yang lainnya akan mudah kita lakukan.

 

FYI, orang yang malas cenderung tidak kreatif. Kenapa tidak kreatif? Karena tubuhnya tidak pernah gerak. Sukanya mager. So, kalau kreativitas kita berkurang, pertanda kita kurang gerak (baca: olahraga). Apapun olahraganya asalakan yang melibatkan fisik (bukan catur, bridge, e-sport, dll) bisa dilakukan.

 

Buat para pekerja, dengan berjalan kaki atau bersepeda ke kantor bisa jadi pilihan. Sel-sel otak pada mereka yang rajin olahraga akan berkembang dan membuat mereka lebih kreatif, dibanding mereka yang terbiasa mager tiap weekend. Selain itu, mereka yang rajin berolahraga juga lebih tahan terhadap stress dan kuat menghadapi segala ujian (termasuk target, tantangan pekerjaan, juga pertanyaan dari calon mertua).

 

Itulah kenapa kebiasaan bisa menentukan perilaku, dan bagaimana caranya kita bisa membangun kebiasaan baik. Yang sudah biasa berolahraga setiap hari, lanjutkan. Bagi yang belum masih ada waktu untuk memulai. Mulailah dari langkah terkecil dan termudah. No excuses.

 

Salam sctv olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: