Motivasi

5 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Agar Tidak Kesiangan Terus Saat Masuk Kantor

Man running for underground train

Datang terlambat masuk kantor alias kesiangan, memang seringkali dirasakan para pekerja. Entah sudah jadi budaya dan kebiasaan, atau karena lingkungan juga situasi yang memaksa seperti itu. Tapi, meski begitu kesiangan jangan dijadikan alasan untuk tidak on time masuk kantor. Sebab peribahasa lebih baik kepagian, daripada kesiangan, itu benar adanya lho!

 

Seringkali lingkungan dan situasi menjadi kambing hitam ketika kita harus kesiangan masuk kerja. Mulai dari jalanan macet, ban bocor, di jalan bertemu copet, dan lain sebagainya. Padahal bisa jadi kita sendiri yang jadi penyebab kenapa datang kesiangan. Buat kamu yang masih kacau mengatur pola waktu, 5 tips berikut bisa kamu lakukan agar bisa dianggap sebagai karyawan rajin dan profesional.

 

Pertama, sebisa mungkin jauhi begadang dan tidurlah tepat waktu.

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya

Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Begadang – Rhoma Irama

Satu-satunya cara biar bisa bangun cepat, adalah dengan tidur lebih awal. Tubuh manusia butuh waktu untuk istirahat. Jangan paksa tubuh untuk melakukan hal yang dilaur batas kemampuannya. Karena ujung-ujungnya, tubuh akan memaksa kita untuk mengistirahatkannya. Seperti ketika kita mendapat sakit misalnya. Gak mau kan tidur di ranjang pesakitan?

 

Kedua, jauhkan smartphone dari jangkauan kita

Zaman now, manusia mana sih yang tahan tanpa memegang smartphone beberapa menit? Dengan menaruh smartphone jauh dari jangkauan, ketika alarm berdering, tangan kita tidak langsung mematikannya. Sebab kita harus mencari-cari letak smartphone dulu.

Memang cara ini tidak menjamin 100% buat kita melek. Tapi setidaknya bisa mengusir rasa kantuk untuk melanjutkan tidur kembali.

 

Ketiga, jangan tungu besok pagi, tapi siapkan perlengkapan kerja di malam hari.

Jangan dibiasakan menunda melakukan hal yang menurut kita penting. Seperti memasukkan laptop ke dalam tas, mengisi baterai smartphone, menyiapkan dokumen kerja, juga menaruh barang-barang yang memang diperlukan buat besok. Cara ini bisa kita biasakan untuk melatih fokus dan mengefektifkan waktu. Sehingga ketika bangun pagi, kita sudah siap untuk berangkat tanpa khawatir ada yang tertinggal.

 

Keempat, tidak ada salahnya mengatur jam kita 15 menit lebih cepat dari jam kantor.

Cara ini memang terkesan simpel. Tapi bisa berdampak besar jika dipraktikan. Dengan mengatur 15 menit lebih cepat dari jam kantor, kita akan merasa waktu berjalan sangat cepat. Dan kita jadi lebih aware untuk mengoptimalkannya.

 

Kelima, tak perlu malu jika harus membawa bekal

Membawa bekal ke kantor tidak hanya menghemat uang jajan, tapi juga menghemat waktu untuk memasak atau mencari sarapan. Menu sederhana seperti telur mata sapi, mie goreng atau roti, bisa jadi pilihan.

 

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar tidak masuk kantor kesiangan terus. Gak mau kan dicap sebagai karyawan ngaret yang makan gaji buta?

Semoga bisa menambah semangat kerja dan menjadi karyawan rajin juga teladan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: