Motivasi

4 Kebiasaan Ini Mungkin Pernah Kita Lakukan Saat Pertama Kali Mulai Bekerja

 

Sebagai fresh graduate yang sudah terlepas dari status mahasiswa, pastinya akan mendapatkan pengalaman baru ketika mulai memasuki dunia kerja. Dari mulai tahap interview dengan segudang test-nya, sampai tiba pada akhirnya menyandang status kayawan karyawan.

 

Selalu ada kebiasaan baru ketika memasuki lingkungan baru, yang kadang unik dan mengundang tawa kecil. Mungkin 4 kebiasaan baru ini pernah kita rasakan ketika pertama kali mulai bekerja:

 

1.Lebih banyak wait and see dalam berbicara dengan rekan kerja

Sebagai anak baru, pastinya kita belum mengenal sepenuhnya orang-orang di kantor. Ada rasa segan dan malu-malu untuk memulai sebuah pembicaraan. Takut salah ngomong dan gak nyambung.

Asalkan kita pandai menyesuaikan dan membawa diri, hal tadi bukanlah masalah besar. Mulailah mengenali karakter rekan kerja secara perlahan.

 

2.Curhat tentang situasi kantor pada orang terdekat

Pertama kali memasuki dunia kerja, pasti ada banyak cerita. Dari mulai lingkungan kantor yang tak sesuai harapan, rekan kerja yang ngeselin, sampai pekerjaan yang tak sesuai bidang pendidikan.  Dan ketika hal tadi terjadi, biasanya kita akan curhat membagikan cerita kepada sahabat atau orangtua.

 

3.Hanya berkumpul dengan rekan kerja yang seumuran

Kadang kita menemukan rekan kerja yang umurnya tidak jauh dari kita. Mungkin beda setahun dua tahun. Dan biasanya kita akan mengajaknya ngobrol untuk sekedar mencari informasi terkait perusahaan. Sebagian dari kita mungkin merasa nyaman ketika berkumpul dengan yang seusia. Mungkin karena merasa mudah dalam berkompromi dan nyambung dalam pembicaraan.

 

4.Datang ke kantor terlalu pagi, bahkan sebelum gerbang dibuka

Sebagai orang baru, tentunya kita ingin terlihat rajin demi memberikan kesan baik dihadapan bos dan rekan kerja. Sebisa mungkin kita akan mengusahakan datang sepagi mungkin. Tak ingin kan kita mendapatkan penilaian buruk dan dapat teguran dari perusahaan karena datang kesiangan?Datang kepagian bukan dosa kok. Bukannya lebih baik datang kepagian daripada kesiangan?

 

Mungkin pengalaman ini pernah dirasakan kita, atau bahkan sedang dirasakan rekan kerja kita yang baru. Selama kita mau belajar menyesuaikan diri, semuanya akan baik-baik saja.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: